Kamis, 14 April 2016

Nyeritain Teman #2

Aku masuk MTs yang sama dengan Dini. Satu alasannya adalah karena Dini. dan Abah punya alasan lain yang akhirnya bisa aku contek ketika ditanya orang kenapa sekolah di MTs Negeri 1 Model Medan. Gak lucu lah ditanya “kok masuk MTsN?” “Iya, karena Dini.” Paling gak aku bisa jawab, “Yah, karena MTsN 1 Medan adalah sekolah percontohan.”

Dari MIS ULUMUL QURAN cuma kami berdua yang lulus disana. Dan hasil pengumuman menyatakan kita positif beda kelas. Disitu aku mulai belajar untuk mencari teman baru. Karena Dini sudah di kelas lain dan pastinya dengan dia yang humble bisa punya teman baru.

Pertama masuk sekolah aku datang paling cepat. Aku yang emang dari dulu suka duduk di depan memilih duduk di depan. Setelah dari kelas ternyata ada acara ospek-ospekan. Ini ritual yang paling aku gak suka sampe sekarang. Entah karena aku yang susah berteman sehingga ospek yang tujuaannya “Perkenalan” membuat aku mikir ‘apa sih! Entar kan juga kenal di kelas.’ Dan acara ospek ini yang buat bangku yang udah kupilih pagi-pagi tadi diambil sama komplotan cewek-cewek dengan tinggi lumayan yang dulunya mereka satu sekolah dan b!@#$%&*(. Akhirnya aku ngalah dan duduk di belakang. Di hari Seninnya, wali kelas masuk dan mulai mengatur ulang posisi duduk. Keadilan akhirnya berpihak ke aku. Aku mendapatkan tempat duduk yang dari awal aku idam-idamkan. Karena badan dan tinggi aku yang kecil bahkan terlalu kecil di mata wali kelas. #makasih Buk #nunduk.

Disni lah mulai aku ketemu Nurul aka Nyaik.  Jadi Nyaik termasuk diantara cewek-cewek yang ngerebut bangku aku waktu itu tapi karena badannya gak jauh beda dari aku, dia tetap dipertahankan, dan akhirnya jadi orang yang paling dekat se MTsN 1 Medan dengan aku. Waktu ospek sebenarnya aku udah ngeliatin nih anak mulu, karena pembawaannya yang kalem, kayaknya baik dan !@#$%^&*( eh gak taunya kita sebangku eh semeja.

Masa-masa MTsN emang masa-masa dimana aku puas berteman. Ala-ala bikin gank segala, ada kelompok tari modern segala lagi wkkwkw, udah mulai nakal-nakalnya, hahahha dan ritual-ritual tembak menembak di kalangan teman-teman aku. Tapi yah wajar lah masa puber gak terelakkan gitu.

Ini foto kumpul kemarin. Nyaik di Jakarta gak datang.
Aku bawa tulisan "Saya Jomblo"
Kita punya gank yang namanya Butterfly Action. Hahahha selain nama kita juga punya ritual cara nyebutinnya, kkwkw kocak abis dah. Apa nanti waktu reuni dibuat aja ya videonya, biar bisa jadi bahan bukti kalau gaya ini paling euh di zamannya. Terdiri dari lima orang, yaitu Mita, Ami, Dini (eh ketemu lagi), Nyaik daaaan Lulu. Itu diurutkan berdasarkan tanggal lahir kita. Jadi ketahuan kan siapa yang paling unyuk-unyuk diantara yang berlima itu. kenapa ceritany ada Dini lagi. Iya, ternyata kita punya selera teman yang sama walau udah terpisah kelas. Jadi ceritanya Aku dan Dini teman dari SD, Mita dan Nyaik juga temean dari SD, Nyaik sekelas dengan aku, Dini sekelas sama Ami, jadi bertemula kami dalam lingkara setan eh sahabat. Aktu istirahat kita saling kenal-kenalin teman-teman yang dulu pernah sekolah bareng dan terjalinlah Butterfly Action.

Spesialnya Nyaik di mata aku. Jadi dunia tulis menulis ini Nyaik yang kenalin. Waktu itu aku benci banget puisi, aku selalu nganggap orang yang nulis puisi itu lemah. Sampe akhirnya pelajaran bahasa Indonesia nugasi kita unutk buat puisi. Nyaik yang punya sens seni tinggi keasikan karena disuruh buat puisi. Aku langsung kejang-kejang aktu dapat tugas. Nyaik bahkan punya buku yang isinya puisi dia. aku mau gak mau waktu itu baca juga -_- katanya dia mau jadi penulis. Aku waktu itu mikir, apa ada nulis dijadiin pekerjaan. Ya itu waktu aku masih bocah dodol. Sampe Nyaik buat-buat lagu segala dari puisinya, -_- dan aku disuruh baca puisinya -_- ini cobaan banget ya waktu itu.

Entah gimana caranya (aku lupa), Nyaik memotivasi aku. Akhirnya mau gak mau tugas membuat puisi harus kelar. Dengan imbalan bu Guru bilang puisi terbaik akan di pampang di mading sekolah. Dengan perenungan yang mendalam aku pun mencoba menggoreskan pena, ceileh. Dan ketika dikumpul, biasalah anak SD kan suka goda-godain temennya kayak gini “Pasti nanti puisi Nyaik yang dipajang, kan puisi Nyaik bagus,” kataku. “Isy, gak lah, kayakya punya Lulu lah. Puisi Lulu juga bagus,” balas Nyaik. Begitulah cara kami mencoba menyemangati, tuduh-tuduhan siapa yang paling bagus.

Ini yang namanya Nyaik aka Nurul.
Nyaik hampir bisa menggenggam matahari.
Berselang banyak hari, kita suka lewat-lewat dimana mading di pajang, niatya mau liat puisi siapa yang dipajang. Kalau lewat matanya curi-curi pandang ke mading. Kayak mata orang nyontek gitu. Padahal pengen banget ngeliat tapi gengsi. Malu ketahuan siapa yang ngebet kali dipajang puisinya. Tapi aslinya emang gini kan ya ceritanya, atau gimana? Aku agak amnesia. Singkat cerita aku shock. Puisi aku dipajang yeeeeeeee. Disini aku mulai suka nulis puisi, baca puisi, mulai suka mading, buat mading paling cihuy dulu, dapet nilai tinggi mading dan tukar-tukaran puisi sama Nyaik, bahkan ada yang kita buat lagunya, udah lupa sih gimana gak tau Nyaik masih ingat atau belom.

Yang jelas, ini yang aku judulin dengan Nyeritain Teman. Setelah aku  ngerenung banyak tentang kehidupan aku. Satu-satu punya banyak kaitan dengan siapa yang ada dalam hidup aku. Makasih banyak sayang, Nyaik. Terkhir kali kita ketemu di nikahan Nyaik. Nyaik sekarng tinggal di Tangerang Selatan, aku gak tau dimananya, dan dia udah punyausaha fashion. Love you.

Nyeritain Teman lainnya di Nyeritain Teman #3 dan Nyeritain Teman #1


7 komentar: