Jumat, 19 November 2010

Tips Mengawali Sebuah Tulisan


[Mmm..dari tadi halaman kerjaku gak berisi berisi nih..padahal barusan aja aku dapat ide mau nulis apa. Tentang si ini, si anu, dan si itu, tapi saat kuhidupkan laptop atau mengambil kertas kosong dan pena semuanya blank dan seolah tak ada kata kata bagus yang bisa kujadikan intro. Terlalu monoton. Sudah pernah. Apa gak ada kata lain? Aku mau yang lebih variatif. Kira kira kalau dibaca orang enak gak ya. Hm. *berlanjut sampai 1 jam di depan layar laptop dan kertas kosong]



Apa ini terjadi pada anda? Hehe ini juga pernah terjadi pada saya. Ada info yang ingin saya sampaika sekaligus menerapkan kegiatan Mengikat Makna Update dari om Hernowo.

Beberapa malam yang lalu saya membaca Quantum Writer, begitu melihat judulnya saya tertarik dan terbesit begitu banyak ilmu yang saya dapat kalau saya baca ini. Mengingat hobi saya menulis, pastinya saya butuh juga buku buku tips menulis mudah dan fun.

Kembali pada masalah diatas. Sering kita mengalami kesulitan menulis sehingga berjam jam pun berada di depan laptop dan kertas semuanya tampak gersang dan tak ada hasil, seharusnya kita punya waktu untuk mengerjakan yang lain. Jadi begini, ternyata di dalam otak kita terdapat dua suara yang sewaktu waktu mempengaruhi.

1. Suara kreatif. Saat kita merasa begitu banyak ide, terus menerus dan ada hasrat untk menuangkanya dalam tulisan saat ituUlah suara kreatif bekerja.

2. Suara kritik. Ini digunakan untuk mengkrtik atau eDiting tulisan kamu.

Seorang penulis yang hebat adalah yg menggunakan dua suara dengan baik.

Namun kadang kalanya penulis tidak bisa mengontrol. Mereka menggunakannya dengan waktu yang kurang tepat. Pada saat mulai menulis aktifkan suara kreatif dulu agar tulisan rampung pada ide ide apa saja yang selama ini ingIn diungkapkan. Jangan takut salah dan memikirkn kesinambungn kata-kata. Kalau sudah begitu, itu namanya mengaktifkan suara kritik. Suara ini senantiasa mengkritik, satu kata sja yang hendak kita ketik bisa menyita beberapa menit memikirkn apa kata-kata ini layak. Nah, ini lah yang manyebabkan selama ini ktia membuang-buang waktu di depan laptop dan kertas kosong.

OKE, yg pertama kamu aktifkn suara kreatif, biarkn seluruh unek unekmu tumpah pada lembAr kerja, jangan ada yang mengusikmu ketika mengeluarkn ide-ide kreatifmu. Keluarkn semua yang berhubungan dengan topik tulisan, pastikn juga sebelum menulis pake ancAng-ancang mau nulis tentang apa.

Setelah semuanya BLEK dalam lembAr kerja baru anda bisa aktifkn suara KRITIk. Kritik haBis-habisan tulisan anda, ini disebuT dEngan eDiting. Sempurnakan tulisanMu dengan EYD misalnya, diksi yang tepat, kata-kata yang salah diketik diperbaiki, dan poles semuanya sehingga kamu berpikir ini enak dibaca pembaca..

Dan kamu pasti melihat lembar kerja yang tidak kosong lagi.

Ingat tidak ada tulisan yang sekali jadi. Semua tUlisan mengalami proses editing, bahkan sebuah SMS sekalipun..

Oh ya ada lagi Hal yang perlu kamu tau, untUk tidak mengurangI idE-ide mu, biasakan menggunakn trik menulis cepat, agar pikiranMu tidak kemana-mana. Fokus. Jangan jelalatan dulu sebelum rampung tulisannya yang ditakutkan idE-ide itu akan hilang jika memikirkn hal yang lain..

Bagaimana?? Siap untUk menulis sekarang..lakukanlah dan hiraukan gaduh di sekitarmu..menulis, menulis, dan menulis..SEMANGAT!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar